MONITORING DAN EVALUASI TAHUN AKADEMIK 2022/2023

  • 0

MONITORING DAN EVALUASI TAHUN AKADEMIK 2022/2023

Category : Kabar Pasca

Sabtu, 14 Januari 2023, Pascasarjana melaksanakan kegiatan Monitoring dan Evaluasi Tri Dharma Tahun Akademik 2022/2023 yang dipaparkan oleh Ibu Istiqomah, S.P.,M.P.

img_20240113_184918

Monitoring dan Evaluasi (Monev) Tri Dharma dilaksanakan sekali pada tiap semester, dan dilakukan pada akhir semester. Dalam upaya untuk terus meningkatkan kualitas pendidikan, Pascasarjanadi berbagai universitas telah memperkuat sistem monitoring dan evaluasi pembelajaran. Langkah-langkah ini bertujuan untuk memastikan efektivitas metode pengajaran, pemahaman mahasiswa, dan pencapaian tujuan pembelajaran secara keseluruhan.

Pascasarjanamerupakan bagian integral dari lembaga pendidikan tinggi yang memegang peranan penting dalam menyebarkan ilmu pengetahuan dan nilai-nilai keagamaan. Untuk menjaga agar standar pendidikan tetap tinggi, Pascasarjana-Pascasarjana ini secara konsisten melakukan evaluasi terhadap proses pembelajaran yang terjadi di dalamnya.

Salah satu aspek penting dari monitoring dan evaluasi ini adalah penggunaan teknologi yang memudahkan pengumpulan data dan analisisnya. Dengan bantuan sistem manajemen pembelajaran berbasis komputer dan aplikasi khusus, Pascasarjana dapat secara terperinci melacak perkembangan mahasiswa, mengidentifikasi area-area yang memerlukan perbaikan, serta mengukur pencapaian tujuan pembelajaran.

“Monitoring dan evaluasi pembelajaran adalah bagian tak terpisahkan dari komitmen untuk memberikan pendidikan yang berkualitas tinggi kepada mahasiswa. Pascasarjanaterus mengembangkan metode-metode baru yang dapat meningkatkan efektivitas pengajaran dan pembelajaran di lingkungan Pascasarjana.”

Selain menggunakan teknologi, Pascasarjanajuga melibatkan para dosen dalam proses monitoring dan evaluasi. Para dosen bertanggung jawab untuk secara berkala mengevaluasi kurikulum, materi ajar, dan metode pengajaran mereka sendiri. Mereka juga menerima umpan balik dari mahasiswa untuk memperbaiki dan mengoptimalkan proses pembelajaran.

“Keterlibatan aktif dosen dan partisipasi mahasiswa dalam proses monitoring dan evaluasi sangat penting, ini membantu kami memahami kebutuhan dan harapan mahasiswa, sehingga kami dapat menyusun strategi pembelajaran yang lebih efektif dan relevan.”

Melalui upaya ini, Pascasarjanaterus berkomitmen untuk meningkatkan kualitas pendidikan agama Islam. Dengan mengintegrasikan teknologi, partisipasi aktif dosen, dan umpan balik mahasiswa, mereka bertujuan untuk menciptakan lingkungan pembelajaran yang inklusif, inspiratif, dan berdaya guna bagi semua pihak yang terlibat.


Leave a Reply